7 Prospek Menjanjikan Lulusan Jurusan Akuntansi

Lulusan Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi yang Sepatutnya Kau Kenal – Jurusan Akuntansi ialah salah satu jurusan kuliah yang mempunyai banyak peminat dari tahun ke tahun. Pekerjaan ini dikarenakan prospek pekerjaannya yang seperti itu luas sehingga kau dapat masuk ke bidang mana saja sesudah lulus. Terutamanya dalam dunia bisnis yang senantiasa memerlukan spesialis yang berasal dari jurusan satu ini. Kalau kau berminat untuk masuk ke jurusan ini, karenanya perlu juga mengenali apa saja prospek menjanjikan alumnus jurusan Akuntansi yang ada.

Daftar Prospek Kerja dari Alumni Jurusan Akuntansi

Dapat dikatakan bahwa tiap tahunnya, jumlah peminat dari jurusan Akuntansi seperti itu banyak dan malah juga meningkat. Ada banyak alasan yang memberi pengaruh tingginya peminat dari jurusan satu ini.

Terutamanya terkait dengan prospek kerja yang dimiliki oleh alumnus dari jurusan Akuntansi itu sendiri. Akuntansi menjadi sebuah cabang ilmu yang senantiasa diperlukan dalam dunia bisnis dan bidang lainnya.

Oleh sebab itu, bukan menjadi sebuah hal baru bahwa perusahaan senantiasa membuka lowongan bagi alumnus jurusan ini. Apalagi dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan secara bagus.

Kalau kau berminat dengan dunia keuangan ataupun bisnis, karenanya jurusan Akuntansi dapat menjadi sebuah opsi yang ideal.

Kau akan belajar mengenai pengelolaan sampai pembuatan laporan keuangan secara bagus dan benar.

Di sisi lain, karir dalam bidang akuntansi sendiri juga senantiasa menjanjikan gaji dengan angka yang cukup tinggi. Tak jarang hal ini yang menjadi membikin banyak pelajar menjadi mau masuk ke jurusan ini.

Selain itu, hampir segala sektor industri akan senantiasa memerlukan keahlian dalam bidang akuntansi.

Berikut ini terdapat prospek menjanjikan alumnus jurusan Akuntansi yang perlu untuk kau kenal sebelum masuk ke bidang ini.

1. Akuntan Publik

Prospek profesi pertama yang seperti itu menjanjikan bagi alumnus dari jurusan Akuntansi merupakan ada akuntan publik. Kau dapat menerima posisi profesi ini di perusahaan ataupun individual.

Seorang akuntan publik lazimnya bertugas untuk mempersiapkan dan menganalisis dokumen serta laporan keuangan. Dalam profesi ini, kau juga perlu untuk memahami undang-undang perpajakan yang ada.

Baca Juga : 6 Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Bandung

Lazimnya seorang akuntan publik juga perlu untuk memperbarui dokumen keuangan serta pencatatan data dari sebuah perusahaan tempatnya berprofesi.

Dalam berprofesi sebagai akuntan publik, kau perlu untuk mempunyai izin secara legal yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan. Kau juga dapat memilih untuk berprofesi dengan beraneka badan usaha yang ada.

Lingkup kerja yang dimiliki oleh pekerjaan ini dapat dibilang cukup luas. Mulai dari melaksanakan pemeriksaan, pembuatan laporan keuangan, audit, serta dalam sektor perpajakan.

Terkait dengan gajinya, seorang fresh graduate lazimnya dapat menerima gaji sekitar Rp 5 juta untuk setiap bulannya.

2. Analis Keuangan

Prospek profesi kedua yang dapat didapat oleh seorang alumnus jurusan Akuntansi merupakan sebagai seorang analis keuangan.

Dalam profesi ini, kau perlu untuk mempunyai kesanggupan dalam membaca data serta mengambil keputusan yang terkait dengan problem keuangan.

Kecuali itu, seorang analis keuangan juga perlu untuk memahami beraneka unsur dalam situasi ekonomi perusahaan mencakup diantaranya:

Program investasi
Sangkaan prospek ekonomi yang ada
Pembentukan taktik keuangan yang dimiliki oleh sebuah institusi
Kalau kau mau mendalami pekerjaan ini, karenanya dapat dengan mencari program sertifikasi profesional yang ada. Nantinya kau akan menerima gelar merupakan Certified Financial Analyst atau CFA.

3. Konsultan Pajak

Pekerjaan lainnya yang dapat kau jadikan sebagai opsi sesudah lulus dari jurusan Akuntansi merupakan menjadi seorang konsultan pajak.

Perpajakan sendiri menjadi salah satu cabang peminatan yang ada di dalam perkuliahan jurusan Akuntansi. Dikala kau memilih jurusan ini, karenanya nantinya dapat menjadi seorang konsultan pajak.

Profesi ini mempunyai tanggung jawab untuk memberikan konsultasi yang terkait dengan perpajakan. Lazimnya pihak yang mendapatkan konsultasi hal yang demikian dapat dari para semestinya pajak.

Para semestinya pajak perlu untuk memenuhi keharusannya dalam membayarkan pajak cocok dengan undang-undang yang berlaku.

Dalam melaksanakan praktik sebagai seorang konsultan pajak, kau perlu untuk menerima izinnya terpenting dulu. Terdapat ujian sertifikasi sebagai konsultan pajak atau USKP yang dapat kau ikuti.

Ujian hal yang demikian diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia. Sesudah lulus dari jurusan ini, kau nantinya akan menerima sertifikasi profesional Bersertifikat Akuntan PAjak atau BAP.

4. Akuntan Pemerintah

Komponen dari prospek menjanjikan alumnus jurusan Akuntansi berikutnya merupakan menjadi seorang akuntan pemerintah.

Kalau kau mau menjadi seorang pegawai negeri, karenanya dapat juga mengambil program studi Akuntansi. Pekerjaan ini dikarenakan banyak dari instansi pemerintahan yang memerlukan jasa dari seorang akuntan.

Salah satunya merupakan kau dapat untuk meregistrasikan diri ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau lebih diketahui sebagai STAN.

Berikut ini ialah sebagian kementerian serta institusi pemerintah yang dapat menjadi daerah berprofesi dari pekerjaan ini diantaranya:

Kemenko Perekonomian
Kemenko Maritim
Kementerian Perhubungan
Badan Perencanaan Pembangunan NAsional atau Bappenas
Kementerian PAN RB
Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan tau BPKP
Badan Narkotika Nasional atau BNN
Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf

5. Konsultan Keuangan

Prospek karir berikutnya yang dapat dipilih oleh seorang alumnus dari jurusan Akuntansi merupakan menjadi seorang konsultan keuangan.

Pekerjaan ini mempunyai tanggung jawab untuk memberikan insight Lulusan Jurusan Akuntansi berhubungan dengan transaksi finansial bagi para kliennya. Kau dapat untuk berprofesi terhadap perusahaan ataupun individu dengan kekayaan yang cukup besar.

Menjadi seorang konsultan keuangan, kau perlu untuk merajai beraneka taktik dalam menabung dan melaksanakan investasi.

Kecuali itu, kau juga dapat menolong klien supaya dapat meraih tujuan finansial yang mereka miliki.

Seorang alumnus dari jurusan Akuntansi bisa menjadi seorang konsultan keuangan sebab merajai ilmu.

Dari ilmu ini, kau dapat memberikan insight terhadap perusahaan supaya dapat melaksanakan restrukturisasi kepada situasi keuangannya.

Di sisi lain, kau dapat memberi tahu praktik berhubungan yang cukup berguna supaya dapat menabung.

6. Aktuaris

Profesi berikutnya yang dapat kau pilih sebagai Lulusan Jurusan Akuntansi merupakan menjadi seorang aktuaris. Lazimnya posisi ini ditemukan dalam perusahaan asuransi ataupun keuangan lainnya.

Aktuaris mempunyai tugas untuk dapat memperkirakan probabilitas dan kemungkinan dari tarif akan sebuah kejadian.

Selanjutnya merupakan terkait dengan kecelakaan, kematian, petaka alam, penyakit, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, aktuaris juga mempunyai tugas untuk membikin desain, menguji, dan melaksanakan pengelolaan akan sebuah kebijakan.

Pekerjaan ini dikerjakan supaya dapat meminimalisir resiko dan mengoptimalkan profit yang didapat.

7. Data Analyst

dari prospek menjanjikan alumnus jurusan Akuntansi merupakan menjadi seorang data analyst. Pada profesi ini, kau dapat melaksanakan analitik kepada angka dan data yang dimiliki.

Kemudian Lulusan Jurusan Akuntansi, kau perlu untuk mengubahnya untuk menjadi sebuah info yang bisa diaplikasikan dalam menuntaskan dilema ataupun kinerja bisnis.

Dapat dikatakan bahwa pekerjaan sebagai data analyst sendiri banyak dicari di beraneka sektor industri. Mulai dari konsultan, keuangan, pemerintahan, manufaktur, dan lain sebagainya.

Sebagai seorang data analyst, kau perlu untuk mempunyai perhatian Lulusan Jurusan Akuntansi lebih atas rinci, komunikasi, dan pengorganisasian data dengan bagus.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *